Cara Sel Momproduksi Protein

Surakarta, 03 Februari 2014

Salam I.M.A.J.I.N.A.S.I!!! pernahkah terpikirkan oleh kalian bagaiaman rambut, kuku, kuping, gigi itu terbentuk, nah baiknya pahamilah bagaimana sel dalam tubuh kita membentuk protein terlebih dahulu. Skema 1, menyimpulkan tahapan utama dalam urutan informasi genetic dari DNA, RNA sampai menjadi protein. 1-2. Pada peristiwa transkripsi (DNA-RNA), RNA di sintesis pada DNA template. Pada sel eukariotik, transkripsi terjadi di dalam nucleus dan RNA messenger harus dikirim dari nucleus ke sitoplasma.

3-5. proses translasi (RNA-Protein) dapat dibagi empat tahap, kesemuanya terjadi di sitoplasma. Saat polipeptida lengkap, dua subunit ribosomal menyatu dan tRNA serta mRNA dilepaskan (tidak ditunjukan dalam skema). Translasi terjadi cepat, satu ribosom dapat menghasilkan polipetida rata-rata kurang dari semenit. Khususnya, sebuah molekul RNA dapat serentak ditranslasi oleh beberapa ribosom. Sekali start kodon muncul dari ribosom pertama, ribosom kedua langsung mengikatnya. Jadi, beberapa ribosom dapat saling membuntuti sepanjang molekul mRNA yang sama.

rinkasan transkripsi dan translasi
Skema 1. Summary of transcription and translation

Setiap polipeptida mengulung dan melipat, asumsikan membentuk tiga dimensi, yang merupakan bentuk tersiernya. Beberapa polipeptida bergerombol, membentuk protein dengan struktur quatener. Proses transkripsi dan translasi sangat penting karena menyangkut proses dimana gen dapat mengontrol struktur dan aktivitas sel atau lebih luasnya proses genotip menghasilkan fenotip. Rantai komando berawal dari informasi dalam gen, urutan linier tertentu dari nukleutida pada DNA. Gen ini sebagai template yang mencetak transkripsi pada urutan komplementer nukleutida mRNA. Pada akhirnya, mRNA mencetak urutan linier dimana asam amino membentuk polipeptida spesifik. Protein terbentuk dari polipeptida ini, sehingga menghasilkan wujud dan kemampuan sel serta organisme…Wahju s. Hidayat/ EnTech Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: