Jalur Candi Ceto yang Amezing

Persiapan saya benar-benar matang untuk pendakian ini. Dijamin bakal tercukupi nutrisi selama pendakian. Sudah saya kotak-kotakan berbagia perlengkapan dalam tuperware2-nya sendiri, maklum saya adalah orang yang perfeksionis. Kenampakan gondrong namun hati ini rapi (hahaha).
Per

jalanan dimulai dari solo dengan mengendarai sepeda dan tak butuh waktu lama untuk mencapai base camp candi ceto hanya sekitar 2 jam-an. Harus berhati-hati karena jalan cukup terjal dengan kanan-kiri kebun dan jurang. Setiap spot tertentu ada palang masuk karcis ndak usah khawatir karena terbilang murah, yaitu 1000-an premotor.

Bascamp Ceto
Bascamp candi ceto
Cemoro Kembar
Cemara Kembar antara pos IV dan V
Sabana Pos V
Sabana Anatara dua Bukit
Ngecamp Pos V
Pos V Lokasi Camp

Foto-foto-an merupakan momen yang tak terlewatkan dibasecamp, sambil membawa perlengkapan lengkap dengan karier dan asesorisnya. Komplek ceto terdapat banyak spot menarik untuk foto-foto-an, sperti candi ceto (Utama), Candi Saraswati, dan candi ketek (Arca menghilang).

Setelah melewati candi ketek keatas sedikit terdapat perkebunan yang tidak terlalu luas. Sebenarnya terdapat sungai namun tidak ada air yang melintasinya. Perjalan cukup menantang dengan trek yang menerjal terus sampai pos I. Menuju pos II tidak kalah menanjaknya. Menuju pos III menajak terus. Pos IV demikian pula, namun setelah pos ini perjalan cukup landau dengan adanya sabana-sabana luas, sebelum melintasi Pohon cemara Kembar. Sepajang perjalanan dari pos II ke Pos V terdapat banyak bekas-bekas kebakaran hutan.

Jalur pendakian tidak terlalu mengkhawatirkan karena pada umumnya masih bisa terlihat mata dan dilengkapi petunjuk yang lengkap menuju puncak, hati-hati dengan persimpangan bisanya diberi tanda bersilang pohon-pohon yang tumbang menandakan itu bukanlah jalur.

Rombongan yang cuma 4 orang akhirnya memutuskan ngecamp di pos V, suasana sangat hening sekali karena berada dilembah sabana. Selain itu pula waktu sudah terlalu malam untuk menuju puncak.

Walaupun tidak sampai kepuncak, pos V sudah cukup memuaskan. Pendakian tidak dilanjutkan dikarenakan ada anggota yang sakit. Sabana luas membuka pandangan kita di pagi hari itu. Sekalian merayakan wisuda-an saya ditempat menakjubkan disana…Whj

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: