Antrak (Anthrax)

Masih ingat kasus baru-baru ini yang terjadi di Indonesia. Judulnya ratusan warga Takalar diduga kena Anthrax. Penyakit ini disebabkan oleh Bacillus anthracis dan bila menyerang berakibat fatal. Untuk mengatasi penyakit ini diperlukan antibiotik khusus yang disebut Ciprofloxacin hidroksida (Gambar 1). Nama komersialnya adalah cipro, merupakan antibiotic sintetik yang digunakan untuk mengatasi beragam infeksi bakteri.

Cipro bekerja dengan mencegah sintesis DNA oleh bakteri. Cipro menghambat enzim yang disebut DNA girase (Topoisomerase II). Enzim ini berguna untuk pengulungan dan pemudaran DNA bakteri. Cipro menghentikkan kemampuan sel bakteri untuk membelit dan memudar DNA-nya sehingga mempengaruhi kemampuan sel untuk reproduksi. Antibiotik lainnya seperti penicillin dapat juga digunakkan untuk mengobati. Kekhawatiran adalah munculnya strain B.anthracis yang resisten.

Cipro merupakan obat yang sangat kuat digunakan berdasarkan anjuran ahli. Efek samping obat ini adalah sakit perut, diare, sakit kepala, pusing dan masalah sistem saraf pusat. Pusat pengendalian penyakit dan pencegahan menggunakan ini untuk seorang yang tidak terkena anthrax atau tidak diresepkan oleh medis. Penggunaan secara sembarangan sangat berbahaya bagi manusia selain itu menimbulkan masalah kesehatan dengan menimbulkan B.anthracis yang resisten terhadap obat dapa berkembang (whj).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: