SISTEM AKTIVASI KOMPLEMEN

SISTEM AKTIVASI KOMPLEMEN

A. Aktivasi Komplemen Jalur Alternatif

  • Siklus penguatan untuk pembentukan C3b

Sumber: http://pathmicro.med.sc.edu/ghaffar/C3Alt.JPG

Didalam serum terdapat hidrolisis tingkat rendah C3 secara sepontan untuk menghasilkan C3i. Faktor B mengikat C3i sehingga faktor B dapat dipecah oleh faktor D menjadi Bb. Komplek C3iBb bertindak sebagai C3 konvertase dan memecah C3 menjadi C3a dan C3b. Sekali C3b terbentuk, maka faktor B akan berikatan dengannya dan menjadi mudah untuk dipecah oleh faktor D. Proses ini menghasilkan komplek C3bBb yang merupkan C3 konvertase yang selanjutnya menghasilkan lebih banyak C3 sehingga disebut penguatan produksi C3.

  • Kontrol siklus penguatan

Sumber: http://pathmicro.med.sc.edu/ghaffar/alt2.gif

C3b berikatan dengan membran inang sehingga menarik DAF (decay accelerating factor) dimana memblok asosiasi faktor B dengan C3b dan mencegah pembentukan C3 konvertase tambahan. DAF juga mempercepat disosiasi Bb dari C3b didalam C3 konvertase yang telah siap dibentuk sehingga menghentikan produksi C3b tambahan. Beberpa sel memiliki komplemen reseptor 1 (CR1). Ikatan C3b dan CR1 memfasilitasi degradasi enzimatis C3b oleh faktor I. C3 konvertase (C3bBb) yang berikatan dengan CR1 juga mendisosiasi Bb dari bentuk kompleknya. Jadi sel yang memiliki komplemen reseptor CR1 berperan dalam mengontrol siklus penguatan. Akhirnya, faktor H dapat berikatan dengan C3b yang terikat pada sel atau didalam fase cair dan memfasilitasi degradasi enzimatis C3b oleh faktor I. Kesimpulannya, siklus penguatan dikontrol oleh baik pemblokan dari pembentukan C3 konvertase, disosiasi C3 konvertase, atau oleh disgesti secara enzimatis C3b.

  • Stabilisasi C kovertase oleh permukaan aktivator (protektor).

Sumber: http://pathmicro.med.sc.edu/ghaffar/C6C3stab.JPG

Ketika terikat pada aktivator yang tepat pada jalur alternatif, C3b akan mengikat faktor B dimana secara enzimatis dipecah oleh faktor D untuk menghasilkan C3 konvertase (C3bBb). Namun, C3b sulit untuk didegradasi oleh faktor I dan C3 konvertase tidak cepat terdegradasi, karena telah terstabilisasi oleh aktivator permukaan. Komplek ini selanjutnya terstabilisasi oleh properdin yang berikatan dengan C3bBb. Jadi, ketika C3b berikatan dengan aktivator permukaan, C3 konvertase yang terbentuk akan menjadi stabil dan selanjutnya menghasilkan C3a tambahan dan C3b melalui pembelahan C3.

  • Pembentukan C5 konvertase

Sumber: http://pathmicro.med.sc.edu/ghaffar/C8_C1inh.jpg

Beberapa C3b dihasilkan melalui stabilisasi C3 konvertase pada aktivator permukaan yang berasosiasi dengan komplek C3bBb untuk membentuk komplek C3bBbC3B yang merupakan C5 konvertase pada jalur alternatif. Pembentukan C5 konvertase merupakan akhir dari jalur alternatif dan menghasilkan lisis pada mikroorganisme patogen.

B. Aktivasi Komplemen Jalur Klasik

  • Aktivasi C1

Multi-subunit protein C1 terdiri dari tiga protein yang berbeda (C1q, C1r dan C1s) yang berikatan dengan area Fc pada molekul antibodi IgG dan IgM yang akan berinteraksi dengan antigen. Ikatan C1 tidak akan terjadi pada antibodi yang tidak membentuk komplek dengan antigen dan ikatan ini membutuhkan ion kalsium dan magnesium. Ikatan C2 pada antibodi melalui Ciq dan C1q harus berhubungan salinsilang sedikitnya dua molekul antibodi sebelum benar-benar sempurna. Ikatan C1 menghasilkan aktivasi C1r dimana pada akhirnya mengaktivasi C1s. Hasilnya merupakan pembentukan C1qrs teraktivasi dimana merupakan enzim yang memecah C4 menjadi 2 fragmen C4a dan C4b.

  • Aktivasi C4 dan C3 (pembentukan C3 konvertase)

Sumber: http://pathmicro.med.sc.edu/ghaffar/comp2.gif

C3b berikatan dengan membran dalam asosiasinya dengan C4b dan C2a, dan C3a dilepaskan kedalam lingkungan mikro. Hasilnya berupa C4bC2aC3b yang merupakan C5 konvertase. Pembentukan C5 konvertase merupakan akhir dari jalur klasik.

wahju hidayat/Departement of Biology-UNS

One Comment to “SISTEM AKTIVASI KOMPLEMEN”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: