Plague (Pes) dan Bioterorisme

Plague (Pes) dan Bioterorisme

Gambar: salah satu bentuk penyakit pes

Sumber: bible-topten.com

Plague merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri Yersinia pestis (Y. pestis) yang ditemukan pada rodentia dan kutunya. Pada mayarakat, penyakit plague ada tiga bentuk:

  • 1. Bubonic, bentuk infeksi pada kelenjar limfa
  • 2. Pneumonic, bentuk infeksi pada organ paru-paru
  • 3. Septicemic, bentuk infeksi pada darah
  • Plague merupakan suatu penyakit kuno yang dapat ditemukan diseluruh dunia. Kutu yang terinfeksi plague menyebarkan plague ke manusia dan hewan lainnya. Kutu mendapatkan infeksi plague ketika mengigit rodentia seperti chipmunk, anjing padang rumput, tupai dan tikus tanah yang terdapat bakteri tersebut dalam aliran darahnya. Plague bubonic atau yang sering dikenal sebagai penyakit pes merupakan bentuk yang paling umum, hasil dari gigitan kutu atau terpapar oleh bahan yang terinfeksi mealaui kulit yang luka. Plague pneumonia disebabkan ketika seseorang menghembuskan nafas sehingga bakteri plague kemudian dapat tersebar dari satu orang ke orang lainnya terutama saat batuk, bakteri yang ada pada tetes air dapat terlepaskan. Plague septicemia terjadi ketika bakteri palgue berkembangbiak dalam darah, jenis palgue ini tidak menyebar dari orang ke orang.

Gambar:Yersinia pestis

Sumber: archive.microbelibrary.org

Tanda-tanda penyakit pes atau plague bubonic adalah terjadinya pembengkakan pada tender kelenjar limfa, sakit kepala, demam, mengigil, kelelahan dan karena paparan infeksi oleh rodentia, kelinci atau kutu. Gejala dari palgue pneumonia atau dikenal sebagai penyakit pneumonia termasuk demam, sakit kepala, lemah dan pneumonia yang berkembang cepat menunjukan gejala sesak nafas, sakit pada dada dan batuk-batuk. Pneumonia berkembang selam 2 sampai 4 hari dan dapat menyebabkan kegagalan pernapasan dan shok. Seseorang dengan penyakit plague septicemia menunjukan gejala demam, mengigil, sakit perut, shok dan keluar darah pada kulit dan organ lainnya. Seseorang biasanya menjadi sakit dari 1 sampai 6 hari setelah terpapar oleh bakteri plague. Sekitar setengah dari masyarakat yang terinfeksi dengan tidak adanya perawatan plague mati.

Seseorang yang telah melakukan kontak dekat dengan orang yang terinfeksi dapat mengurangi kesempatan menjadi sakit apabila mereka memulai perawatan selama 7 hari setelah terpapar dan selanjutnya mendapatkan perawatan antibiotik selama 7 hari. Beberapa tipe dari antibiotik dapat digunakan untuk mencegah dan mengobati plague. Obat oral tetrasiklin seperti deoksiklin atau flouroquinol seperti siprofloksin. Kadang-kadang antibiotik streptomosin atau gentamisin dapat juga digunakan. Antibiotik ini harus digunakan sesuai dengan petunjuk berapa hari seperti yang diarahkan, biasanya dari 10 sampai 14 hari. Semua obat harus digunakan. Seseorang yang dicurigai terkena wabah pes harus segara dirumahsakitkan dan dijauhkan dari orang-orang (karantina). Sampai saat ini belum ditemukan vaksin untuk pemyakit pes.

Bakteri Yersinia pestis dapat mudah untuk dimusnahkan melalui sinar matahari dan pemanasan. Ketika bakteri ini lolos kelingkungan yang cocok eg. perairan/ tempat lembab maka bakteri akan bertahan hidup selama satu jam. Diperlukan usaha untuk pencegahan seperti mengontrol populasi rodentia dan kutunya. Menghindari kontak dengan tikus, anjing padang rumput, dan rodentia lainnya. Menghindari gigitan kutu dengan penggunaan losion penolak serangga. Perawatan hewan peliharaan guna mengontrol kutu secar teratur. Tikus-tikus rumah, tempat penyimpanan makanan dan tempat sampah juga perlu perhatian untuk dikontrol. Memakai sarung tangan ketika berburu atau menangani hewan liar. Apabila anad mencurigai anda atau orang lain telah terkena wabah, maka secepatnya langsung perlu mendapatkan perhatian medis.

wahju hidayat/Departement of Biology-UNS

3 Responses to “Plague (Pes) dan Bioterorisme”

  1. Disturbing picture bgt nih potonya…
    Ditaruh di halaman depan pula… hahaha.

    Keep share gan!😀

Trackbacks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: