Evolusi Fungi

Evolusi Fungi

Gambar (1): Fungi dengan spesies yang berbeda-beda. Searah jarum jam dari kiri
atas: Amanita muscaria merupakan basidiomycota; Sarcoscypha coccinea merupakan ascomycota; roti yang terlapisi dalam bentuk mold merupakan chytrid;
dan conidiophore Penicillium.

Sumber: faculty.college-prep.org

Evolusi fungi berlangsung sejak fungi (gambar 1) menyimpang dari bentuk kehidupan lainnya sekitar 1.500 juta tahun yang lalu dengan percabangan glomaleans dari “fungi lebih tinggi” pada ~ 570 juta tahun yang lalu berdasarkan analisis DNA. Fungi mungkin mengkoloni tanah pada waktu kambrium, yaitu lebih dari 500 juta tahun yang lalu, namun bukti-bukti fosil hanya menjadi tidak kontroversional dan biasa selama waktu devon, yaitu 400 juta tahun yang lalu. Keanekaragaman fungi yang tinggi diketahui berasal dari zaman Devon dibawah Rhynie dan catatan sebelumnya tidak ada. Karena fungi tidak dapat mengalami biomeneralisasi, mereka tidak mudah membentuk catatan fosil. Oleh karena itu hanya ada tiga klaim tentang fungi pertama. Salah satu dari Ordovisium telah dihilangkan dengan alasan yang tidak memiliki sifat-sifat fungi yang jelas dan dianggap oleh banyak orang sebagai kontaminasi. Posisi dari kemungkinan fungi Proterozoikum masih belum dibentuk dan mungkin mewakili cabang fungi. Ada juga kasus untuk afinitas fungi sebagai mikrofosil misterius Ornatifilum. Karena fungi membentuk kelompok mirip hewan, kedua garis keturunan seharusnya telah menyimpang sebelum garis keturunan hewan pertama yang diketahui dari fosil sawal waktu Ediacaran.

Berbeda dengan tumbuhan dan hewan , catatan fosil fungi pertama adalah sedikit. Faktor-faktor yang kemungkinan besar berkontribusi mendasari representasi spesies fungi pada keseluruhana fosil termasuk sifat alami tubuh buah fungi yang lembut, berdaging, dan jaringan yang mudah didegradasi serta dimensi mikroskopis yang merupakan struktur sebagaian besar fungi sehingga tidak mudah untuk terlihat. Fosil fungi sulit dibedakan dari mikroba lain dan paling mudah diidentifikasi ketika mereka masih menyerupa fungi. Sering pulih akibat tanaman atau hewan inang yang mengalami dipremineralisasi, sampel ini biasanya dipelajari dengan membuat preparat irisan tipis yang dapat diuji dengan mikroskop cahaya atau mikroskop elektron transmisi. Kompresi fosil telah dipelajari dengan melarutkan matriks sekitarnya dengan asam dan kemudian menggunakan cahaya atau mikroskop elektron scanning untuk memeriksa detail permukaannya.

Fosil paling pertama yang memiliki sifat khas fungi terdata pada masa Proterozoikum, sekitar 1.430 juta tahun yang lalu. Fungi ini merupakan bentik multiseluler yang telah membentuk struktur filamen dengan septa dan mampu mengalami anastomosis. Penelitian terbaru (2009) memperkirakan kedatangan organisme fungi pada sekitar 760-1.060 jtl berdasarkan perbandingan tingkat evolusi dalam kelompok yang terkait erat. Sebagian besar era Paleozoic (542-251 jtl), fungi tampaknya bersifat aquatik dan merupakan organisme yang mirip dengan Chytrid saat ini dalam kepemilikan spora berflagela. Adaptasi evolusioner dari cara hidup air ke darat mengharuskan diversifikasi strategi ekologi untuk memperoleh nutrisi, termasuk parasitisme , saprobisme, dan pengembangan hubungan mutualistik seperti mikoriza dan lichenisasi. Penelitian terkini (2009) menunjukkan bahwa keadaan ekologi pada moyang Ascomycota adalah saprobisme dan peristiwa lichenisasi independen telah terjadi beberapa kali.

Fungi mungkin mengkoloni daratan selama waktu Kambrium (542-488,3 jtl), jauh sebelum tumbuhan darat ada. Hifa dan spora yang terfosilisasi dipulihkan dari Ordovisium Wisconsin (460 jtl) yang menyerupai Glomerales modern dan ada pada saat flora tanah kemungkinan hanya terdiri dari lumut non-vaskular mirip tanaman. Prototaxites yang mungkin merupakan sebuah fumgi atau lichen akan menjadi organisme tertinggi pada akhir Silurian. Fosil fungi tidak menjadi biasanya dan tidak kontroversial sampai awal Devon (416-359,2 jtl), ketika mereka melimpah di Rhynie yang sebagian besar sebagai kelompok Zygomycota dan Chytridiomycota. Pada waktu yang sama, sekitar 400 jtl Basidiomycota dan Ascomycota telah menyimpang dan semua kelas fungi modern telah hadir pada akhir Karbon ( Pennsylvania , 318,1-299 jtl).

Fosil mirip lichen telah ditemukan di Formasi Doushantuo Cina selatan yang terdata kembali sekitar 635-551 jtl. Lichen adalah komponen pada ekosistem darat pertama dan usia perkiraan fosil lichen terestrial tertua adalah 400 jtl. Waktu ini sesuai dengan usia tertua yang dikenal sebagai fosil sporocarp, suatu spesies Paleopyrenomycites ditemukan Rhynie. Fosil tertua dengan sifat mikroskopis menyerupai Basidiomycetes modern saat ini adalah Palaeoancistrus, ditemukan pada pakis yang mengalami dipremineralisasi dari Pennsylvania. Jarang ada catatan fosil mengenai kelompok homobasidiomycetes (suatu takson yang kira-kira sama dengan spesies fungi penghasil daging buah dari kelompok agaricomycetes ). Terdapat dua spesimen yang terperangkat dalam batu amber yang terawetkan memberikan bukti adanya fungi yang dikenal penghasil daging buah (spesies yang telah punah Archaeomarasmius legletti) muncul selama pertengahan Cretaceousa 90 jtl.

Beberapa waktu setelah peristiwa kepunahan massal Permian-Triassic (251,4 jtl), kelompok fungi berduri (berasal dari kelimpahan luar biasa spora jamur pada sedimen ) dibentuk, menunjukkan bahwa fungi adalah bentuk kehidupan yang dominan saat ini, mewakili hampir 100% catatan fosil yang tersedia untuk periode sekarang. Namun, proporsi relatif dari spora fungi ternyata relatif terhadap spora yang dibentuk oleh spesies alga merupakan kasus yang sulit untuk diuji, fungi duri tidak muncul di seluruh dunia dan pada banyak tempat itu tidak dibatasi oleh Permian-Triasik.

wahju hidayat/Departement of Biology-UNS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: