Mikrobiologis Air

Mikrobiologi Air

Gambar: uji mikrobiologis air

Sumber: media.wiley.com

Semua organisme selalu membutuhkan air untuk kelangsungan hidupnya. Hal ini disebabkan semua reaksi biologis sel yang berlangsung didalam tubuh makhluk hidup berlangsung dalam medium air. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa tidak mungkin ada kehidupan tanpa adanya air. Air memegang peranan penting dalam kehidupan manusia. Tetapi sering sekali terjadi pengotoran dan pencemaran air dengan kotoran-kotoran, dan sampah-sampah sehingga air dapat menjadi sumber atau perantara berbagai penyakit seperti tipus, disentri, dan kolera. Bakteri-bakteri yang dapat menyebabkan penyakit tersebut adalah Salmonella thyphosa , Shigella dysentriae, dan Vibrio coma ( Sutrisno dan Suciati, 1987 ). Terdapatnya bakteri coliform dalam air dapat menjadi indikasi kemungkinan besar adanya organisme patogen lainnya. Bakteri coliform dibedakan menjadi dua tipe, yaitu fae-cal coliform dan non-faecal coliform. Escherichia coli adalah anggota kelompok faecal coliform. Keberadaan E.coli dalam air dapat menjadi indikator adanya pencemaran air oleh tinja. E.coli digunakan sebagai pemeriksaan kualitas bakteriologis secara universal dalamanalisis dengan alasan( Suriaman dan Juwita, 2008);

a). E.coli secara normal hanya ditemukan disaluran pencernaan manusia atau hewan.E.coli jarang sekali ditemukan dalam air dengan kualitas kebersihan yang tinggi.
b). E.coli mudah diperiksa di laboratorium dan sensitifitasnya tinggi jika pemeriksaan dilakukan dengan benar.
c). Bila dalam air tersebut ditemukan E.coli, maka air tersebut dianggap berbahaya bagi penggunaan domestik.
d). Ada kemungkinan bakteri enterik yang patogen lainnya dapat ditemukan bersama-sama dengnan E.coli dalam air tersebut.

Air tawar bersih yang layak minum semakin langka di perkotaan. Sungai-sungai yang menjadi sumbernya sudah tercemar berbagai macam limbah, mulai dari buangan sampah organik, rumah tangga hingga limbah beracun dari kegiatan industri. Air tanah sudah tidak aman lagi dijadikan sebagai bahan air minum karena telah terkontaminasi rembesan dari tangkai septik maupun air permukaan. Itulah salah satu alasan mengapa air minum dalam kemasan ( AMDK ) yang disebut-sebut menggunakan air pegunungan banyak dikonsumsi. Namun, harga AMDK dari berbagai merek yang terus meningkat membuat konsumen mencari alternatif baru yang murah, yaitu penggunaan air minum isi ulang ( Rahmantyo, 2007).

Standar air minum menurut standar WHO semua sampel tidak boleh mengandung E.coli dan sebaiknya juga harus bebas dari bakteri coliform. Standar WHO; Dalam setiap tahun 95% dari sampel-sampel tidak boleh mengandung coliform dalam 100 ml, tidak ada sampel yang mengandung E.coli dalam 100 ml, tidak ada sampel yang mengandung coliform lebih dari 10 dalam 100 ml, tidak boleh ada coliform dalam 100 ml dan dua sampel yang berurutan ( World Health Organization, 2002 ).

Pemenuhan air bersih untuk daerah telah disediakan oleh PDAM ( Perusahaan Daerah Air Minum). Akan tetapi, menurut Burhanuddin ( 2009 ), air tersebut belum bisa dikatagorikan sebagai air minum, karena air suplai PDAM yang sampai ke konsumen belum memenuhistandar air minum yang tercantum dalam KEPUTUSAN MENTERI KESEHATAN RI NO. 907/MENKES/SK/VII/2002 tanggal 29 Juli 2002, terutama untuk parameter E.coli, kekeruhan, DO, dan pH.

Mengingat pentingnya kebersihan air minum yang layak minum dengan kualitas yang sudah distandarkan untuk dikonsumsi manusia, maka usaha-usaha untuk menjaga kualitas air minum perlu dilakukan demi menghindari penyakit-penyakit bawaan air minum yang mungkin berbahaya bagi kesehatan manusia. Penyakit-penyakit ini dibawa oleh mikroba-mikroba patogen yang bersemayam pada air tak layak diminum Sebagai langkan awal pencegahan, maka diperlukan suatu percobaan untuk mengetahui kualitas air minum secara mikrobiologis.

wahju hidayat/Departement of Biology-UNS

2 Comments to “Mikrobiologis Air”

  1. Hmm is anyone else experiencing problems with the images on this blog loading?
    I’m trying to find out if its a problem on my end or if
    it’s the blog. Any responses would be greatly appreciated.

  2. My blog is no problem. Image can be seen and there is no problem..Thanks 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: