Enviromental Science: Kompos

KOMPOS

Gambar: Segengam pupuk kompos

Seperti kekhawatiran tentang peningkatan ruang TPA (Tempat pemprosesan Akhir)seluruh dunia tertarik pada pengembangan daur ulang dengan cara kompos, karena kompos merupakan suatu proses untuk mengkonversi bahan organik terdekomposisi ke produk bermanfaat. Kompos adalah kombinasi bahan dari tumbuhan dan hewan dan bahan-bahan organik yang dapat membusuk terutama melalui dekomposisi aerobik menjadi tanah yang hitam kaya unsur hara. Proses pengomposan sederhana dan dipraktekkan oleh individu di rumah mereka, petani, dan oleh industri di perkotan ( Anonim, 2010). Banyak pendukung modern usaha pengomposan yang cepat untuk memperbaiki beberapa masalah dengan metode tradisional yang lambat sehingga kompos dapat dibuat dalam 2 sampai 3 minggu (Raabe, ).

Salah satu tujuan dari pengomposan saat ini adalah sebagai alat degradable bahan yang mungkin sebaliknya masuk tempat akhir dan dekomposisi anaerob melepaskan gas rumah kaca seperti metana (CH4) (Anonim, 2010). Pengomposan akan lebih baik diikuti dengan teknologi biogas. Kompos disini sebagai produk dari biogas selain Biofuel (gas metan). Bahan biodegradable umum yang digunakan: Karton, Bubuk kopi, Sabut Kelapa, kerang Crustacea, Kulit telur, Ikan, Buah, Daun, Pupuk, Jamur, Kertas, sampah, sayuran dan Kulit pohon.

Kompos umumnya direkomendasikan sebagai aditif untuk tanah, atau matrik lainnya seperti sabut dan gambut digunakan untuk memperbaiki hasil panen dengan cara memasok humus dan nutrisi. Menyediakan media tumbuh yang gembur menyimpan bahan penyerap uap air dan mineral terlarut, memberikan dukungan dan gizi dimana tanaman dapat tumbuh subur (Insam et al., 2002).

wahju hidayat/Departement of Science: Biology-UNS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: